Home » Alat Kantor » Inovasi Perubahan Mesin Tik Menjadi Komputer

Inovasi Perubahan Mesin Tik Menjadi Komputer

Penemuan mesin tik mengubah cara orang dalam menuliskan sesuatu. Jika dahulu kala orang mesti menulis pakai tangan mesin tik menggantikan itu semua dengan model huruf yang standar sehingga memudahkan orang untuk menulis di atas kertas.Dengan perkembangan yang lebih maju mesin tikpun mengalami evolusi. Dahulu hanya dikenal mesin tik yang kecil yang bisa menulis tulisan hanya dalam bentuk portrait. Pada perkembangannya kemudian dibuatlah mesin tik yang besar yang memungkinkan orang menulis secara landscape.

Tidak hanya itu perkembangan lebih pesat terjadi saat mulai ditemukannya mesin tik elektrik yaitu mesin tik yang mulai menggunakan format elektrik yang memungkinkan jenis huruf dan besar kecilnya huruf bisa diganti sesuai dengan kebutuhan. Penemuan mesin tik elektrik ini menjadikan menulis jauh lebih mudah dengan layar yang bisa dilihat bahkan bisa disimpan dalam beberapa media penyimpan.Penemuan mesin tik elektrik ini sangat memudahkan terutama dalam proses penulisan makalah artikel atau buku yang memerlukan beberapa kali editing dan revisi. Dengan memungkinkan tulisan disimpan terlebih dahulu maka proses editing dan revisi bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat.

Namun demikian teknologi memang bisa dengan sangat cepat membuat persaingan semakin sulit didikte dalam jangka panjang. Penemuan komputer menjadikan mesin tik sebagai barang usang yang langsung ketinggalan zaman. Komputer memungkinkan proses pengetikan menjadi jauh lebih mudah bisa langsung direvisi dan dicetak kapan saja kita menginginkan.Secara drastis dan tibatiba mesin tik menjadi ketinggalan zaman jauh sekali ke belakang. Orang dengan cepat tidak lagi menggunakan mesin tik sebagai sarana tulis menulis tetapi berpindah hampir secara total ke komputer. Apalagi Microsoft juga secara terus menerus mengembangkan perangkat lunak yang dari tahun ke tahun semakin mudah untuk dijalankan bahkan oleh hampir semua kalangan dan usia.Pada akhirnya mesin tik sekarang hanya tersedia di tokotoko tertentu karena memang penggunaannya hanya tersisa di sebagian kantor untuk pengetikan kwitansi dan berbagai pernakpernik yang membutuhkan pencetakan dengan kertas rangkap 2 atau 3. Perusahaan produsen mesin tik karenanya tidak lagi memproduksi mesin tik karena produk ini memang sudah lama ditinggalkan.

Masa sebelum tahun 1990an satusatunya alat bantu tulis pekerjaan dimasa itu adalah mesin ketik manual pegawai antri untuk mengetik konsepnet surat laporan SPM atau segala sesuatu pekerjaan maklum karena keterbatasan mesin ketik manual . Pada masa itu hampir semua pegawai ahli dalam mengetik dengan menggunakan sepuluh jari dan tanpa melihat tuas abjad pada mesin ketik output kerja dihasilkan dari mesin ketik manual. Karena keterbatasan mesin ketik manual setiap ruangan hanya ada satu mesin ketik banyak pegawai antri untuk mengetik banyak pegawai antri berarti banyak pula pegawai yang menunggu pada saat menunggu itu pula tanpa aktifitas kerja mengobrol senda gurau mungkin bisa dikatakan jauh dari efektif dan efisien dalam menggunakan waktu dalam bekerja walaupun tidak semua pegawai seperti demikian.

Masa awal tahun 1990 Kantor pusat Direktorat Jenderal Anggaran pada masa itu mulai meperkenalkan teknologi informasi yaitu komputer kepada semua kantor daerah dengan mengirimkan komputer jumlah yang sangat terbatas untuk setiap kantor komputer dengan spesifikasi rendah under DOS layar hijau green screentidak berwarna. Kompuetr sebagai barang langka ditempatkan pada ruangan khusus yaitu ruang komputer tidak semua pegawai diperbolehkan mengoperasikannya komputer sebagai barang mutahir yang sakral dimasa itu jangankan mengoperasikannya memegang saja banyak pegawai yang takut takut kesetrum takut merusak program sehingga dalam bekerja pegawai masih mengandalkan mesin ketik manual. Budaya menunggu giliran menggunakan mesin tik pun masih berlanjut.

Sadar akan manfat dan kegunaan serta kemudahankemudahan dalam penyelesaian pekerjaan dengan menggunakan komputer komputer menjadi alat bantu utama dalam bekerja tanpa komputer tidak bisa kerja. Kantor daerah diberi dana untuk mengadakan pembelian komputer sendiri sesuai spesifikasi yang dibutuhkan komputerpun menjamur di setiap kantor daerah. Komputer yang banyak tersedia di kantor pun tidak menjamin penyelesaian pekerjaan efektif dan efisien masalah baru timbul pegawai menggunakan komputer untuk bermain games walaupun tidak semua pegawai demikian.

Kemajuan Teknologi Infomasi berkembang pesat Informasi dunia dapat di akses secara cepat dengan menggunakan INTERNET untuk mepercepat mendapatkan informasi dan juga menyampaikan informasi kepada stakeholder kantor memasang jaringan internet pada semua komputer yang ada. Dengan bantuan internet pegawai diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaan penyampaian laporan dengan cepat tetapi ada sebagian pegawai kebablasan menggunakan internet untuk berselancar di dunia maya mengesampingkan pekerjaan kantornya internet yang seharusnya sebagai jaringan untuk kerja tetapi menjadi tidak bekerja.

Alat Kantor »
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

0 Komentar "Inovasi Perubahan Mesin Tik Menjadi Komputer"



Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya